pinjaman online ojk per januari 2019 – Buzz
pinjaman online ojk per januari 2019

pinjaman online ojk per januari 2019

pinjaman online ojk per januari 2019

Dengan makin bertambahnya jumlah pengguna internet di Indonesia, aktivitas meminjam uang melalui layanan pinjaman online (pinjol) pun semakin populer. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan pinjol dibandingkan dengan pinjaman konvensional, seperti tidak perlu datang ke kantor cabang, proses pengajuan cepat, dan dana pinjaman langsung cair.

Namun, di balik kemudahan tersebut, ternyata pinjaman online juga memiliki risiko yang harus diperhatikan. Banyak kasus penipuan yang terjadi, di mana masyarakat tertipu dengan iming-iming bunga rendah dan syarat mudah, tetapi pada akhirnya harus menanggung bunga yang tinggi dan jeratan utang yang tak kunjung selesai.

Untuk melindungi masyarakat dari praktik pinjol yang tidak bertanggung jawab, OJK telah menerbitkan Peraturan OJK (POJK) Nomor 77 / POJK.01 / 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Melalui POJK ini, OJK mengatur mengenai persyaratan, tata cara, dan kewajiban bagi penyelenggara pinjol, serta hak dan kewajiban bagi peminjam.

Salah satu ketentuan penting dalam POJK tersebut adalah bahwa penyelenggara pinjol harus terdaftar dan berizin dari OJK. Hingga Januari 2019, tercatat sebanyak 127 penyelenggara pinjol yang telah terdaftar dan berizin dari OJK.

Untuk mengetahui apakah penyelenggara pinjol tersebut telah terdaftar dan berizin, masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui situs web resmi OJK (www.ojk.go.id) atau melalui aplikasi Layanan Informasi Keuangan OJK (SIK OJK).

Masyarakat juga harus cermat dalam memilih penyelenggara pinjol. Jangan tergiur dengan iming-iming bunga rendah dan syarat mudah, tetapi pastikan bahwa penyelenggara pinjol tersebut telah terdaftar dan berizin dari OJK.

Dengan demikian, masyarakat dapat terhindar dari risiko penipuan dan jeratan utang yang tidak kunjung selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *